Jumat, 20 November 2015

Komunikasi Cahaya

Selamat datang di Blog ku mohon silahkan klik iklan ya... thank's

Penggunaan cahaya untuk komunikasi bukanlah suatu hal yang baru. Komunikasi gerakan tangan sejak dulu telah digunakan dan mata sebagai detektor dan otak sebagai prosesor. Orang indian menggunakan asap sebagai alat komunikasi. Tahun 1880, Graham Bell menemukan sistem komunikasi cahaya disebut photophone. Photophone menggunakan cahaya matahari yang terpantul dari sebuah cermin tipis termodulasi voice. Di penerima cahaya matahari termodulasi itu jatuh pada cell selenium photoconducting yang langsung mengubahnya menjadi arus listrik.
Di samping itu, lampu dengan kode morse digunakan, yakni dengan mengedipkedipkan lampu tersebut sesuai informasi yang dikirim. Tahun 1960, LASER dan serat optik ditemukan. Akan tetapi redaman dari serat optik tersebut masih terlalu besar untuk dijadikan saluran transmisi. Tahun 1970, terjadi penemuan
serat optik yang mempunyai redaman rendah dan dapat digunakan sebagai saluran transmisi.
Berikut adalah sejarah ringkas serat optik :
DAPAT UANG GRATIS, DAFTAR YUUK
 
• 1970-an, Claude Chappe membangun telegraph optik di Perancis, dengan jarak 230 km berupa manusia yang memberi sinyal dari atas serangkaian menara.
• 1870, John Tyndall, English Natural Philosopher, mendemonstrasikan prinsip pembimbingan cahaya melalui pantulan internal.
• 1880, Alexander Graham Bell membuat sistem komunikasi photophone.
• 1950-an, Brian O’Brien dan Narinder S. Kapany berhasil membuat serat
yang dapat mentransmisikan image dan digunakan sebagi fiberscope (alat kedokteran untuk melihat bagian dalam tubuh manusia).
• 1957, Gordon Gould, menjelaskan LASER sebagai sebuah sumber cahaya intens
• 1960, Charles Townes mendemonstasikan Helium Neon LASER
• 1966, Charles Kao dan Charles Hockham, membuat teori bahwa serat optik dengan redaman hingga 20 dB/km dapat dibuat dengan memurnikan bahan pembuat serat optik.
• 1970, Robert Maurer membuat serat optik pertama dengan redaman di bawah 20 dB/km dan 1972, serat optik 4 dB/km dibuat dan sekarang, redamannya mencapai 0,2 dB/km.
Komunikasi elektrik dimulai ketika ditemukannya telegraph oleh F.B. Morse tahun 1838. Komunikasi elektrik berbasis pada pemanfaatan gelombang elektromagnetik untuk mengalirkan informasi. Kecenderungan dalam sistem komunikasi elektrik adalah penggunaan frekuensi tinggi yang ditawarkan berkaitan dengan meningkatnya bandwidth dan pada akhirnya, peningkatan kapasitas informasi.
DAPAT Rp GRATIS,- DAFTAR YUUK


Terdapat dua jalur komunikasi, yaitu :
a. Jalur komunikasi wireline, yaitu : kabel pair (Audio, VLF, LF), kabel koaksial (MF, HF, VHF, sebagian UHF), kabel pandu gelombang (UHF, SHF, mm Wave), dan Optical Fiber (visible and invisible light).
b. Jalur komunikasi wireless; Longwave radio, Shortwave radio, microwave radio, dan laser beam.
Pada periode 1990 an terjadi pertumbuhan demand yang sangat tinggi pada aset jaringan komunikasi untuk layanan seperti database, home shopping, video-on-demand, remote education, telemedicine, dan video conferencing.

Era berikutnya adalah era sistem komunikasi optik yang dimulai dengan penemuan serat optik sebagai media komunikasi ini, hal ini berkaitan dengan nilai lebih yang dimiliki oleh sistem komunikasi ini. Kelebihan serat optik dibandingkan dengan kabel logam :
1. Rugi-rugi transmisi rendah dan bandwidth lebar. Dengan demikian data yang dapat dikirim akan lebih banyak dan jarak tempuh yang lebih jauh. Keuntungan ini akan mengurangi jumlah dan volume kabel dan repeater yang dibutuhkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan serat optik akan mengurangi peralatan dan komponen yang pada akhirnya mengurangi biaya dan kompleksitas sistem.
2. Ukuran kecil dan ringan sehingga dapat digunakan di pesawat udara, satelit, dan kapal laut.
3. Tahan terhadap interferensi, terutama terhadap EMI (Electro Magnetic Interference) dan juga bebas EMP (Electro Magnetic Pulse) yang biasa terdapat dalam aplikasi militer.
4. Serat Optik merupakan isolator listrik, sehingga tidak ada kekhawatiran adanya ground loop, percikan api, dan crosstalk.
5. Tingkat keamanan yang baik, karena tidak dapat dicatu sembarangan dan
juga anti sadap.
6. Bahan baku (SiO2) yang melimpah.

Yang mau tau cara dapat duit gratis klik link ini aja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar